Cara Berhenti Merokok, Bagi Yang Ingin Berhenti Merokok

cara berhenti merokok

Kita semua tahu bahaya merokok tapi banyak orang masih terus merokok meskipun demikian, ia tidak bisa memulai dan menyelesaikan masalah tanpa merokok terlebih dahulu.

Setiap jam sebatang rokok pasti di hisap tetapi resiko terkena penyakit kanker paru-paru juga semakin dekat, Kandung Kemih, pancreas, Mulut, Dan lainny bisa rusak akibat merokok, banyak penyakit yang disebabkan merokok seperti penyakit jantung, stroke, darah tinggi, diabetes, depresi, alzheimer, obesitas .

Ini mempengaruhi kapasitas mental dan memori, meningkatkan impotensi, menurunkan kesuburan. Salama kehamilan mempengaruhi bahkan anak yang belum lahir! Meskipun Anda mengatakan “Saya ingin berhenti merokok” jika Anda telah menjadi kebiasaan, pekerjaan Anda agak sulit.

Nikotin dalam rokok dapat membangkitkan Anda untuk sementara dan jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup nikotin, keinginan Anda mulai meningkat.

Ketagihan nikotin Anda dimulai antara 30 hingga 60 menit setelah Anda menghisap rokok tarakhir. Dan itu berlangsung salama beberapa minggu. Gejalanya bermanifestasi sebagai kemarahan, laporan, lekas marah, gangguan konsentrat, gelisah, nafsu makan meningkat, insomnia, sakit, detak jantung lambat dari sakit kepala .

Situasi ini bersifat sementara tidak peduli seberapa besar keinginan Anda. Segera setelah racun benar-benar dikeluarkan dari tubuh Anda, gejalanya akan berhenti sama sekali. Agar Anda berhenti, Anda perlu tekad dan kemauan keras untuk mengatasi gejala penarikan nikotin.

Bagaimana cara berhenti merokok Saya ingin berhenti merokok! mereka yang berkata; ini ada 10 tips dari davablog

  1. Langkah Satu: Bersihkan rumah Anda.

Jika Anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, inilah saatnya membersihkan rumah Anda.

● Buang semua asbak dan korek api.
● Cuci pakaian berbau rokok Anda.
● Bersihkan karpet, lemari, dan lantai Anda.
● Jika Anda merokok di dalam mobil, terapkan juga semua ini pada mobil Anda.
● Gunakan semprotan untuk menghilangkan bau rokok.

Lingkungan yang lebih bersih dan menyenangkan akan mendukung perjuangan Anda. Nyatakan rumah Anda sebagai zona bebas rokok. Mintalah orang-orang di rumah, di dalam mobil atau di samping Anda untuk tidak merokok untuk sementara waktu.

2. Langkah Kedua: Singkirkan semua pemicu.

Langkah kedua dalam berhenti merokok adalah menghilangkan pemicunya. Menghindari pemicu ini mengurangi keinginan merokok Anda secara signifikan.

Beberapa pemicu khususnya adalah sebagai berikut:

● Hindari minum kopi. Ini adalah pemicu penting. Cobalah minum air sebagai gantinya.
● Anda mungkin memutuskan untuk tidak bertemu perokok untuk sementara waktu. Anda bisa menghabiskan waktu dengan non-peminum untuk sementara waktu.
● Anda dapat pergi ke tempat-tempat yang melarang merokok, tetapi tidak di tempat yang dapat Anda gunakan untuk merokok dengan nyaman.
● Banyak istirahat dan tidur. Menjadi sangat lelah bisa memicu keinginan untuk merokok.
● Karena alkohol dan rokok terus-menerus disebutkan dan dikonsumsi bersama; Istirahatlah dari alkohol.
● Jika Anda biasanya merokok setelah makan, Anda dapat mencoba menggosok gigi atau mengunyah permen karet.
● Jika Anda menghabiskan proses berhenti merokok di tempat kerja, Anda dapat menghabiskan waktu dengan aplikasi atau program ponsel cerdas yang akan diinstal di komputer Anda.

3. Langkah Tiga: Pastikan tangan dan mulut Anda sibuk.

Orang yang telah merokok selama bertahun-tahun mengembangkan sesuatu yang disebut kecanduan tangan . Karena itu, Anda perlu mencari cara agar tangan dan mulut Anda tetap sibuk.

Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula , menyedot permen keras bebas gula, cengkeh, dan biji bunga matahari agar mulut Anda tetap sibuk ; Anda dapat membuat mulut Anda sibuk dengan wortel yang diiris tipis.

Alih-alih memegang rokok di tangan Anda, pegang pulpen atau mainkan dengan karet di tangan Anda. Stress ball, merajut, memecahkan teka-teki, bermain game, membaca buku hanyalah beberapa dari aktivitas yang dapat Anda lakukan.

4. Langkah Empat: Latih pernapasan dalam.

Ketika permintaan merokok Anda meningkat terlalu banyak, tarik napas dalam dan perlahan berhenti lagi. Ini akan membantu Anda tenang dan rileks.

Pernapasan dalam sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin berhenti merokok. Selain memperkuat kapasitas paru-paru, pernapasan dalam mengurangi keinginan akan nikotin dan memperbaiki suasana hati yang buruk.

Laporan Perilaku Adiktif , yang diterbitkan pada tahun 2004, menunjukkan bahwa bernapas dalam-dalam secara signifikan mengurangi gejala berhenti merokok.

Cara menarik napas dalam

● Duduk di kursi lurus dan sandarkan punggung.
● Letakkan tangan Anda di atas perut dan rileks.
● Rentangkan perut Anda dan tarik napas dalam-dalam selama 5 detik.
● Tahan napas Anda dan hitung sampai 3.
● Berikan napas Anda lagi selama 5 detik.
● Lakukan latihan ini selama 10 menit.

5. Langkah Kelima: Minum air yang cukup.

Baca juga :   Sinopsis The Croods A New Era

Salah satu senjata terpenting untuk mengatasi kecanduan nikotin adalah air. Tubuh Anda membutuhkan air untuk membuang racun. Karena itu, Anda harus berhati-hati minum air secara berkala.

Dengan minum lebih banyak air, Anda buang air kecil lebih banyak, sehingga tubuh Anda mengeluarkan racun lebih cepat.

Selain itu, air membantu dalam pengobatan sakit kepala berhenti merokok . Ini meredakan batuk Anda dengan mempermudah paru-paru Anda membersihkan lendir.

Jika Anda takut berat badan naik setelah berhenti, air putih merupakan bantuan penting dalam menyeimbangkan nafsu makan. Selain itu, membawa sebotol air akan membuat tangan dan mulut Anda sibuk.

Jumlah air yang perlu Anda minum bervariasi sesuai dengan kesehatan, kondisi iklim, dan aktivitas fisik Anda. Ini adalah antara 8 dan 10 gelas pada kebanyakan orang .

6. Langkah Enam: Cobalah akupunktur

Anda dapat membuat janji dengan ahli akupunktur tentang cara berhenti merokok. Akupunktur dapat secara signifikan mengurangi keinginan untuk merokok. Ini melepaskan endorfin (pereda nyeri alami) yang memungkinkan tubuh untuk rileks . Ini mengurangi kegugupan, kegelisahan, dan meningkatkan relaksasi .

Dua penelitian selama 8 bulan dan 5 tahun yang diterbitkan dalam Preventive Medicine pada tahun 2001 menunjukkan bahwa orang yang menerima pengobatan akupunktur memerlukan waktu setidaknya 5 tahun untuk berhenti merokok.

7. Langkah Ketujuh: Dapatkan hobi baru.

Dalam perjuangan Anda melawan nikotin, hobi baru adalah salah satu penolong penting Anda. Hobi seperti melukis, membuat tembikar, menulis, memainkan alat musik akan menghilangkan kebiasaan merokok dari pikiran Anda; menempati pikiran dan tubuh Anda.

Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam PLUS ONE menunjukkan bahwa hobi dapat membantu berhenti merokok.

8. Langkah Delapan: Cobalah meditasi.

Meditasi adalah cara lain untuk mengamati aspek psikologis dari kecanduan merokok Anda. Meskipun meditasi membantu melawan suasana hati yang negatif, meditasi membawa ketenangan. Ini membuat rileks dan menenangkan tubuh dan pikiran. Sejalan dengan ini, tingkat stres Anda akan berkurang.

Stres dan kecemasan Anda akan berkurang dan kecanduan Anda terhadap merokok akan berkurang. Dalam sebuah studi 2013 oleh National Academy of Sciences, diamati bahwa perokok menurun 60% dengan meditasi penalaran yang dikenal sebagai IBMT (pelatihan Pikiran-Tubuh Holistik).

9. Langkah Kesembilan: Mulailah berolahraga secara teratur.

Sedangkan melakukan olahraga sehat seperti jogging atau bersepeda memudahkan untuk berhenti merokok, hal ini sangat bermanfaat untuk kesehatan Anda.

Latihan juga mendorong pelepasan endorfin yang membantu menekan sakit kepala. Ini juga mempercepat proses perbaikan diri tubuh selama proses berhenti merokok.

Dan kalori yang Anda bakar akan mencegah penambahan berat badan dalam proses berhenti merokok.

Sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Psychopharmacology menemukan bahwa berolahraga pada orang yang berolahraga dan sedang dalam proses berhenti dapat membantu menekan keinginan akan nikotin.

10. Langkah Sepuluh: Konsumsi buah dan sayur

Diet merupakan salah satu langkah penting dalam proses berhenti merokok. Dukungan nutrisi diperlukan untuk menahan keinginan tubuh Anda akan nikotin.

Jaga pola makan Anda tetap sederhana dan sehat saat berhenti merokok. Konsumsi lebih banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Simpan camilan yang menurut Anda mungkin Anda sukai selama proses berhenti merokok. Sehingga, saat keinginan Anda untuk merokok muncul, pasti ada sesuatu yang bisa Anda lemparkan ke dalam mulut.

Terakhir, Anda harus memperhatikan:

● Berhati-hatilah saat menyikat gigi. Rasa bersih di mulut Anda akan membantu Anda berhenti merokok.
● Daripada menyalakan rokok, nyalakan lilin atau dupa, Akan baik-baik saja.
● Mandi air hangat menenangkan pikiran, bermeditasi, membaca buku dan mendengarkan musik lembut.
● Tetap positif di jalan ini dan jangan biarkan pikiran negatif menghalangi Anda.
● Jangan ragu untuk meminta bantuan dari kerabat Anda di jalur ini.
● Terakhir, jika tidak bisa, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional.

Saya ingin berhenti merokok, Jangan berkata, “Katakan saya berhenti! Semoga hari Anda sehat, bahagia, dan bebas rokok.

Seorang Petani yang hobi dalam menulis disela-sela waktu luang

You May Also Like

Tinggalkan Balasan